Penumpang di Bandara Soekarno-Hatta Naik 16% Saat Idul Adha

Jakarta – Pada masa libur Hari Raya Idul Adha 1441 Hijriah tahun 2020 ini rupanya yang bepergian melalui , Tangerang, Banten mengalami peningkatan sebesar 16%.

Penumpang Bandara Internasional Soekarno-Hatta - www.rappler.com

Penumpang Bandara Internasional Soekarno-Hatta – www.rappler.com

“Iya, ada peningkatan (jumlah penumpang selama Lebaran Iduladha) sekitar 16 persen. Untuk penumpang 28 Juli kami melayani 31.881 pax, 29 juli 37.077 pax. Kita prediksi hari ini (Kamis) akan jadi puncak peningkatan dan arus balik kita prediksi hari Minggu 2 Agustus mendatang,” kata Senior Manager Branch Communication and Legal Bandara Soekarno-Hatta, Febri Toga Simatupang, Kamis (30/7), seperti dilansir dari Beritasatu.

Selain penumpang, PT Angkasa Pura (AP) II juga mencatatkan adanya kenaikan jumlah pergerakan di Bandara Soetta selama libur Idul Adha. “Jumlah pergerakan di Bandara Soetta juga mengalami peningkatan 13 persen, di mana pada 28 Juli lalu terdapat 409 penerbangan, sedangkan untuk 29 Juli, terdapat kenaikan pergerakan menjadi 461 penerbangan,” jelas Febri.

Puncak arus mudik Hari Raya Kurban sendiri terjadi pada hari Kamis lalu. Sedangkan untuk arus balik diperkirakan berlangsung pada Minggu, 2 Agustus 2020 besok. “Prediksi arus balik hari minggu ya dengan jumlah yang hampir sama dengan arus mudik,” beber Febri.

Meski demikian, Febri mengingatkan untuk masyarakat yang hendak bepergian dengan moda transportasi udara agar selalu mempersiapkan persyaratan untuk dapat terbang naik pesawat. “Terbang itu mudah. Tinggal menyiapkan tiga dokumen saja, yakni identitas diri, surat bebas Covid-19 atau surat bebas flu dan Influenza, dan tiket,” ujar Febri.

Calon penumpang yang ingin menjalani rapid test pun tak perlu kebingungan. Pasalnya di Bandara Soekarno-Hatta sudah disediakan layanan rapid test dengan biaya Rp150.000. Pelayanan tes cepat atau rapid test Covid-19 ini tersedia di Terminal 3 ruang tunggu umrah dan Terminal 2D keberangkatan domestik Bandara Soekarno-Hatta. “Layanan Rapid Test di Terminal 2 dan Terminal 3 ini tidak hanya melayani penumpang saja, namun terbuka untuk umum. Layanan ini juga dibuka 24 jam,” tutup Febri.