Virus Korona Mewabah, Lion Air Group Hentikan Sementara Penerbangan ke China

Jakarta Lion Air dan Batik Air dari , Tangerang, Banten menuju China terpaksa dihentikan sementara. Mewabahnya virus korona yang mengakibatkan pneumonia berat di China mendesak Lion Air Group untuk mengambil langkah tersebut.

Maskapai Lion Air - www.airbus.com

Maskapai Lion Air – www.airbus.com

“Operasional penerbangan yang masih berjalan atau beroperasi ke Tiongkok bertujuan untuk pemulangan tamu atau . penerbangan kembali dioperasikan sebagai ferry flight yakni hanya membawa kru dan tidak menerbangkan tamu atau penumpang,” ujar Corporate Communications Strategic of Lion Air Group, Danang Mandala Prihantoro, Selasa (28/1), seperti dilansir Tangerangonline.

Tak hanya penerbangan dari Bandara Soetta, penerbangan ke China dari beberapa bandara lain di Indonesia seperti Denpasar (Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai), Manado (Bandara Internasional Sam Ratulangi), Surabaya (Bandara Internasional Juanda), dan Batam (Bandara Internasional Hang Nadim) dihentikan sementara.

Lebih lanjut Danang mengungkapkan, keputusan penghentian sementara penerbangan ini adalah bagian dari langkah antisipasi berdasar pemberitahuan larangan perjalanan dari otoritas Wuhan terkait dampak wabah virus corona. “Kami senantiasa berkomitmen dalam memastikan keselamatan, keamanan serta kenyamanan (ensure the safety, security and comfort) penerbangan terhadap kru pesawat dan tamu,” bebernya.

Terkait layanan penerbangan ke China, Lion Air Group sudah menerapkan antisipasi yang mengacu pada surat edaran dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia No. SR.01.0111/5888/2019 “Pemberitahuan Kewaspadaan Penyakit Polio” pada 30 Desember 2019 dan No PM.04.021111143/2020 “Kesiapsiagaan dan Antisipasi Penyebaran Penyakit Pneumonia Berat yang belum diketahui etiologinya” pada 3 Januari 2020.

“Lion Air Group senantiasa memantau situasi di Wuhan, berkoordinasi dengan berbagai pihak terkait serta memberikan perkembangan terkini kepada penumpang,” imbuh Danang. Adapun penerbangan ke sejumlah kota di China akan dihentikan sementara sampai ada pemberitahuan lebih lanjut.

Pembatalan sementara mulai Februari 2020 pada semua rute penerbangan ke China. Operasional penerbangan yang masih berjalan atau beroperasi ke China hanya bertujuan untuk pemulangan tamu atau penumpang. Layanan penerbangan kembali dioperasikan sebagai ferry flight, yakni hanya membawa kru dan tak menerbangkan tamu atau penumpang.