Batik Air Segera Layani Penerbangan Jakarta-Timika

Timika – Setelah Garuda dan Sriwijaya Air, giliran full service yang akan melayani ke Timika. Maskapai yang tergabung dalam Lion Air Group ini mengoperasikan 2 tipe Airbus A-320 berkapasitas 144 penumpang untuk kelas ekonomi dan 12 penumpang kelas bisnis untuk Timika.

Batik Air - flybyplane

Batik Air – flybyplane

Rencananya, Batik Air akan terbang perdana ke Timika dari Jakarta ( ) dan Makassar mulai tanggal 27 Oktober 2019 mendatang. Menurut Area Manager Wilayah Papua, Agung Setyo Wibowo, Batik Air sudah mengajukan surat permohonan operasional ke UPBU Mozes Kilangin Timika dan telah dijawab. “Hasil dari rapat tersebut, semua pihak mendukung adanya Batik Air beroperasi di Mimika,” ujar Kepala Unit Penyelenggaran Bandar Udara (UPBU) Mozes Kilangin Timika, Ambar Suryoko, seperti dilansir Seputarpapua.

Operasional penerbangan Batik Air ke Timika ini juga dalam rangka menyukseskan 100 hari di bawah kepemimpinan bupati dan wakil bupati Mimika terpilih untuk periode 2019-2024. “Rencana operasional Batik Air pada 27 Oktober 2019 nanti, dengan rute penerbangan Makasar-Timika, Timika-Makasar, Jakarta-Timika, dan Timika-Jakarta,” ujar Agung, Rabu (16/10).

Batik Air kabarnya akan memperoleh 2 slot time penerbangan pada pagi hari, yakni pada pukul 06.30 WIT (landing) dan 07.10 WIT (take off). Kemudian pada jam 06.20 WIT (landing) dan 07.00 WIT (take off). Ke depannya Batik Air pun berupaya untuk memperoleh slot time pada siang hari.

Batik Air pun memasukkan pesawat Wings Air sebagai finder dengan rute Nabire, Tual, Wamena, dengan transit di Timika. “Dengan dua flight pagi ini, kami menyiapkan dua pesawat Air Bus A320. Tapi dalam slot yang dimasukkan ada Boeing. Namun yang melayani sementara Air bus,” jelasnya.

Saat ini pihak Batik Air tengah mengurus flight approval atau persetujuan terbang dari Dirjen Perhubungan Udara pada Kementerian Perhubungan. “Diharapkan sudah selesai sebelum 27 Oktober mendatang,” jelas Agung. Adapun Batik Air nantinya akan menempati tempat parkir di sebelah selatan. Sedangkan untuk akan menggunakan Terminal VIP yang dibangun oleh Pemkab Mimika.