Waktu Tempuh KA Bandara Soetta ke Stasiun BNI City Bakal Dipersingkat Jadi 39 Menit

Jakarta – PT Railink berencana untuk mempersingkat waktu tempuh atau headway KA dari dan menuju BNI City menjadi hanya 39 menit. Sebagai informasi, jarak tempuh dari pusat kota menuju Bandara Internasional , Tangerang, Banten sendiri kini sudah dipersingkat jadi 41 menit dari yang sebelumnya mencapai 46 menit.

Mukti Jauhari, Plt Direktur Utama Railink - www.jurnalasia.com

Mukti Jauhari, Plt Direktur Utama Railink – www.jurnalasia.com

Pemangkasan waktu perjalanan ini bisa dilakukan dengan memperbaiki kualitas dan pengaturan pola operasional . “Kami masih punya target, karena sekarang sudah 41 menit, insya Allah nantinya bisa jadi 39 menit. Upaya ini untuk menarik minat penumpang agar mau menggunakan KA Bandara,” ujar Plt. Direktur Utama PT Railink Mukti Jauhari, Selasa (11/2), seperti dilansir Bisnis.

Jarak tempuh itu dianggap paling rasional dan sulit untuk diperpendek lagi jadi 30 menit. Pihak Railink sendiri kini masih memakai jalur yang sama dan berbagi dengan kereta rel listrik (KRL) commuter line Jabodetabek. Railink mengaku akan lebih mudah untuk mempersingkat waktu tempuh jika mempunyai jalur sendiri atau setidaknya dengan adanya pembangunan jalur ganda.

Sebelumnya, PT Kereta Api Indonesia (KAI) sudah memberlakukan Grafik Perjalanan KA (Gapeka) 2019 yang ditetapkan melalui Keputusan Menteri Perhubungan (Kepmenhub) No. 1781/2019 tentang Penetapan Grafik Perjalanan KA 2019 untuk menggantikan Gapeka 2017.

Dalam Gapeka tersebut tercantum waktu antara (headway) KA Bandara Jakarta dan KA Bandara Medan menjadi 30 menit sekali. Hal itu mampu meningkatkan frekuensi perjalanan KA Bandara Soetta (Jakarta) dari 68 perjalanan jadi 70 perjalanan. Di samping itu, perubahan waktu tempuh juga terjadi pada lintas Stasiun Bandara Soetta ke Manggarai dari yang sebelumnya 57 menit jadi 50 menit. Kemudian lintas Stasiun Bandara Soetta ke BNI City dari 46 menit jadi 41 menit.

Pada bulan Februari 2020 ini Railink juga menawarkan kereta Bandara Soekarno-Hatta. Adapun tarif Rp10.000 berlaku untuk pembelian KA Bandara di mesin stasiun, aplikasi, dan website Railink dengan rute Stasiun Manggarai-Stasiun BNI City, Stasiun Duri-Stasiun BNI City, dan Stasiun Duri-Stasiun Batu Ceper.

Kemudian tarif Rp15.000 berlaku untuk rute Stasiun Manggarai-Stasiun Duri. Tarif Rp20.000 untuk rute Stasiun Manggarai-Stasiun Batu Ceper, Stasiun BNI City-Stasiun Batu Ceper, dan Stasiun Batu Ceper-Stasiun Soekarno-Hatta. Tarif Rp40.000 untuk rute Stasiun Duri-Stasiun Soetta. Tarif Rp50.000 untuk rute Stasiun Manggarai-Stasiun Soetta dan Stasiun BNI City-Stasiun Soetta.