Bandara Soekarno-Hatta Gelar Kampanye Budaya Keamanan Penerbangan

Tangerang – Direktorat Keamanan Direktorat Jenderal Perhubungan Udara (Ditjen Hubud) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melakukan kampanye budaya keamanan di (Soetta) pada Jumat (4/6) kemarin. Kampanye tersebut dilakukan menyusul dicanangkannya Budaya Keamanan Penerbangan atau Year Of Security Culture (YOSC) 2021 oleh International Civil Aviation Organization (ICAO).

Elfi Amir, Direktur Keamanan Penerbangan Kemenhub - www.majalahbandara.com

Elfi Amir, Direktur Keamanan Penerbangan Kemenhub – www.majalahbandara.com

Menurut Direktur Keamanan Penerbangan Kemenhub Elfi Amir, tujuan kegiatan ini untuk memastikan kesadaran seluruh entitas bandara akan kewaspadaan dan keamanan penerbangan menjadi budaya. “Keamanan penerbangan bukan tanggung jawab individu, tidak hanya tanggung jawab operator dan regulator tapi keamanan penerbangan adalah tanggung jawab kita bersama. Oleh karenya, mohon kiranya seluruh masyarakat dan seluruh stakeholder siapapun mari kita jaga keamanan penerbangan supaya terbang aman, terbang lancar, nyaman dan terbang selamat,” ujar Elfi di Terminal 3 Bandara Soetta, Jumat (4/6), seperti dilansir Tangerangonline.

Pada kesempatan yang sama, Deputy EGM of Airport Operation Bandara Soekarno-Hatta PT Angkasa Pura II, Indra Gunawan mengungkapkan bahwa menjaga keamanan dan keselamatan penerbangan tidak hanya menjadi tanggung jawab operator, regulator, airline dan stakeholder saja, namun juga masyarakat khususnya bandara.

“Kita memang terkait dengan keamanan penerbangan ini adalah tanggung jawab kita bersama seluruh entitas di Bandara Soekarno-Hatta baik Kombata, mitra kerja, mitra usaha itu bertanggung jawab atas keamanan penerbangan,” jelas Indra.

Dalam kegiatan kampanye tersebut, pihak PT Angkasa Pura (AP) II kembali mengedukasi penumpang, petugas, sampai para pekerja supaya dapat bekerja sama dalam menjaga keamanan penerbangan. “Tadi juga kita melakukan kampanye di Terminal dan memberikan pertanyaan-pertanyaan kepada (pekerja) tenant ataupun penumpang terkait keamanan penerbangan, dapatkah mereka teredukasi dengan baik? Ternyata kita lihat sudah banyak yang mengetahui dan sadar akan keamanan penerbangan,” jelasnya.

Salah satu langkah dalam menjaga keamanan penerbangan adalah dengan melaporkan segala sesuatu yang mencurigakan pada petugas keamanan. “Jadi ketika penumpang maupun tenant, baik itu termasuk cleaning service atau petugas porter ketika melihat sesuatu barang atau benda mencurigakan segera melaporkan kepada petugas kami,” bebernya.