Penerbangan Ditangguhkan, 1.200 Calon Jemaah Umrah di Bandara Soetta Batal Berangkat

Jakarta – PT Angkasa Pura (AP) II terus berkoordinasi dengan maskapai yang melayani umrah ke Arab Saudi. Pada Kamis (27/2) lalu setidaknya ada 14 di , Tangerang, Banten yang mengangkut para jemaah umrah, yang mana 2 di antaranya sempat diberangkatkan.

Yado Yarismano, Vice President of Corporate Communication PT Angkasa Pura II - deladeni.com

Yado Yarismano, Vice President of Corporate Communication PT Angkasa Pura II – deladeni.com

Menurut VP of Corporate Communications PT Angkasa Pura II, Yado Yarismano, ada jemaah umrah yang telah tiba di Bandara Soetta, tetapi terpaksa tidak jadi berangkat. Oleh sebab itu, AP II dan maskapai melakukan asistensi pada jamaah umrah yang sudah terlanjur datang di bandara tetapi tak diberangkatkan.

“Kepada jemaah umrah yang terlanjur tiba di bandara, dilakukan asistensi agar proses kembali pulang ke tempat asal masing-masing dapat berjalan lancar. Adapun dan operasional serta jadwal penerbangan di Bandara Internasional Soekarno-Hatta berjalan normal,” kata Yado, Kamis (27/2), seperti dilansir Merdeka.

AP II sendiri berupaya untuk terus memonitor perkembangan dan memberi update informasi terkini. Selain di Bandara Soetta, AP II bersama maskapai juga akan memberi asistensi untuk jemaah umroh yang terlanjur tiba di bandara-bandara lain yang dikelola oleh pihak perusahaan. “Kepada jemaah umrah yang belum tiba di bandara kami imbau untuk berkoordinasi dengan agen perjalanan guna mempersiapkan segala sesuatunya,” jelas Yado.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi sendiri sempat datang dan menemui langsung para jemaah yang batal berangkat umrah di Bandara Soekarno-Hatta setelah pemerintah Arab Saudi mengeluarkan kebijakan penangguhan sementara akses masuk warga negara asing ke negaranya. Hal ini dilakukan untuk mencegah merebaknya virus corona sekaligus melindungi keselamatan warga Arab Saudi.

“Kami hadir ke bandara ini sebagai bentuk kepedulian kami kepada calon jamaah umrah, karena ini hajat hidup orang banyak. Presiden juga sudah berpesan agar kami betul-betul memperhatikan perlindungan kepada mereka,” kata Budi di Bandara Soetta, Kamis (26/2).

Budi menegaskan sejumlah calon jamaah umrah yang ada di Bandara Soetta sudah ditangani dengan baik oleh agen perjalanannya. Menurut data, terdapat 1.200 calon jemaah umrah di Bandara Soetta, 500 di antaranya telah diterbangkan ke Arab Saudi, sedangkan 700 penumpang belum diberangkatkan.

“Saya tadi bertemu jamaah dari Palembang, hari ini dipulangkan dengan pesawat ke Palembang. Begitupun dari Yogyakarta juga pulang hari ini. Kemudian yang dari Temanggung disediakan bus untuk pulang hari ini. Jadi saya apresiasi agen perjalanan yang bertanggung jawab ini,” pungkas Budi.