Bandara Soekarno Hatta Jadi Bandara Paling Terhubung di Asia Pasifik

Jakarta Internasional Soekarno Hatta baru saja dinobatkan oleh perusahaan OAG sebagai paling terhubung yang ada di kawasan Asia Pasifik.

Berdasarkan data Megahub Indeks dari OAG yang diumumkan pada Rabu (30/11) lalu, bandara yang terletak di , ini menduduki posisi teratas di daftar Top 10 Asia Megahub. Bandara Soetta memiliki 566 indeks konektivitas, lebih unggul dari Bandara Jepang (418) dan Bandara Australia Sydney (389).

departure-board-hartsfield

Pemerintah Indonesia sendiri berencana untuk melakukan mega proyek selama 5 tahun mendatang dan akan menggelontorkan dana mencapai Rp 30 triliun. Pembangunan tersebut bertujuan untuk menjadikan Bandara Soetta sebagai bandara internasional terbaik dan menjadi pusat transit internasional.

“Ada pertumbuhan yang dinamis dan terus di seluruh wilayah Asia-Pasifik karena semakin banyak pasar penerbangan baru dibuka. Hal ini sama terjadi pada bandara Soekarno-Hatta adalah dengan tingkat tinggi konektivitas juga akan mengalami perkembangan besar infrastruktur terminal. Permintaan dalam dan ke luar terus menjadi tumbuh ke depannya, sehingga ada tantangan tersendiri untuk menyesuaikan hal itu,” ujar produk OAG EVP, Mark Clarkson.

Sedangkan dalam daftar 50 bandara paling terhubung di dunia berdasar jumlah koneksi dan juga tujuan penerbangan, Bandara Soekarno Hatta Jakarta bertengger di peringkat ke-7. Bandara Soetta diperkirakan melayani lebih dari 40.000 penerbangan potensial dalam jangka waktu 6 jam ke 71 tujuan.

Berikut ini daftar Top 10 Bandara Paling Terhubung Se-Asia Pasifik:

  1. Bandara Internasional Soekarno Hatta, Indonesia
  2. Bandara Haneda, Jepang
  3. Bandara Sydney, Australia
  4. Bandara Internasional Indira Gandhi, India
  5. Bandara Changi,
  6. Bandara Internasional Chhatrapati Shivaji, India
  7. Bandara Internasional Hong Kong, Hong Kong
  8. Bandara Melbourne, Australia
  9. Bandara Internasional ,
  10. Bandara Internasional Beijing Capital, China