Libur Panjang, Bandara Soekarno-Hatta Dipadati 65 Ribu Penumpang

Jakarta – PT Angkasa Pura (AP) II memperkirakan , Tangerang, Banten dipadati oleh pada momen libur panjang pekan ini. Puncak arus keberangkatan di 19 bandar udara AP II terjadi pada Selasa (27/10) kemarin.

Penumpang memakai masker di terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta - travel.kompas.com

Penumpang memakai masker di terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta – travel.kompas.com

“Khusus di Bandara Soekarno-Hatta penumpang hari ini (27/10) diprediksi dapat mencapai sekitar 65 ribu penumpang,” tutur Direktur Operasional dan Service AP II Muhamad Wasid, Senin (26/10), seperti dilansir Republika.

Lebih lanjut Wasid menuturkan bahwa tanggal 27 Oktober 2020 sekaligus mengawali periode libur panjang yang berlangsung pada 28 Oktober – 1 November 2020 mendatang. Secara keseluruhan, Angkasa Pura II memprediksi jumlah penumpang di 19 bandara yang berada di bawah pengelolaannya pada (27/10) mencapai 90 ribu sampai 95 ribu orang atau mengalami kenaikan sekitar 9% dari hari-hari lain pada Oktober 2020.

Oleh sebab itu, pihak manajemen Bandara Soetta menyiagakan petugas lengkap dengan alat pelindung diri (APD) untuk melayani pergerakan penumpang yang cukup padat. “Protokol kesehatan dijalankan ketat demi mengutamakan keamanan dan keselamatan penerbangan,” beber Wasid.

Demi menunjang aktivitas penerbangan Wasid juga memastikan bahwa seluruh fasilitas di gedung terminal disiapkan untuk dapat memberi pelayanan maksimal terhadap para calon penumpang. “Kami pastikan berfungsi dengan baik agar operasional penerbangan selalu berjalan lancar,” kata Wasid. Adapun fasilitas itu meliputi fasilitas di gedung terminal, sisi darat, dan sisi udara seperti runway, taxiway, apron, dan fasilitas penunjang lainnya.

Menurut pantauan di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, kenaikan jumlah penumpang telah terjadi sejak Senin, 26 Oktober 2020 lalu. Walaupun ramai, para calon penumpang terlihat memakai masker. Petugas di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta juga berkali-kali mengimbau supaya penumpang senantiasa menjaga jarak dan menerapkan protokol kesehatan.