Kembangkan Bisnis Properti, AP II Bakal Bangun Hunian di Sekitar Bandara Soetta

Jakarta – Selain menjalankan di bidang , PT Angkasa Pura (AP) II juga berencana untuk melebarkan sayapnya menggarap bisnis properti dengan membangun perumahan dan apartemen di sekitar kawasan , Tangerang, Banten.

Muhammad Awaluddin, Direktur Angkasa Pura II - ekbis.rmol.co

Muhammad Awaluddin, Direktur Angkasa Pura II – ekbis.rmol.co

Menurut Direktur Utama PT Angkasa Pura (AP) II Muhammad Awaluddin, sampai sekarang AP II telah mengelola properti secara profesional terhadap lebih dari 10 gedung di kawasan Bandara Soetta. Ekspansi bisnis AP II di bidang properti juga dilaksanakan dengan membangun integrated building Soekarno-Hatta yang meliputi kawasan perkantoran, pusat perbelanjaan, hotel, dan area parkir kendaraan bermotor.

Di samping itu, penetrasi bisnis properti pun dilakukan dengan menyediakan ruang kerja bersama dengan premium pertama di Terminal 3 Bandara Soetta dan lounge untuk para jemaah umrah. “Pada tahun depan, AP II akan melakukan ekspansi dengan merambah bisnis perumahan dan apartemen di sekitar kawasan Bandara Soekarno-Hatta,” ucap Awaluddin.

Pihaknya pun sedang merancang pengembangan cargo village Bandara Soekarno-Hatta di lahan seluas 90 hektare atau 2 kali lipat dari area kargo yang ada saat ini. “Kami proyeksikan dengan adanya cargo village, maka Soekarno-Hatta akan melayani 1,5 juta ton kargo atau naik signifikan dari saat ini yang berkisar 750.000 ton kargo,” ucapnya.

Tak hanya di Bandara Soetta, ke depannya AP II yang kini mengelola 16 bandara di seluruh Indonesia itu pun akan melakukan pengembangan properti di sejumlah bandara lainnya. Misalnya saja di Bandara Kualanamu yang kini sudah dilengkapi fasilitas hotel milik AP II. Keberadaan hotel itu kabarnya disambut antusias oleh masyarakat.

“Tentunya ke depannya kami juga akan mengembangkan bisnis properti lainnya di bandara-bandara yang kami kelola dan bisnis properti ini akan menjadi salah satu andalan AP II dalam meningkatkan pendapatan nonaeronautika,” bebernya.

Pengembang lain seperti PT Intiland Development Tbk pun juga berencana bekerja sama dengan Mediapura Digital Nusantara untuk membangun apartemen hotel (apartel) di Aeropolis kawasan Bandara Soekarno-Hatta. Untuk permulaan, nantinya Intiland akan menyediakan ratusan unit apartemen Aeropolis yang disewakan dengan tarif Rp200 ribu per malam. “Tidak tertutup kemungkinan akan bertambah tergantung minat pemilik apartemen di Aeropolis,” kata CEO Mediapura, Leo Ferdinand.