Bandara Soekarno-Hatta Bakal Segera Dilengkapi Fasilitas Self Bagdrop

Jakarta -bandara yang berada di bawah pengelolaan PT Angkasa Pura (AP) II saat ini terus berbenah dan mengaplikasikan . Salah satunya dengan penerapan self bagdrop atau dropping bagasi secara mandiri. self bag drop ini akan segera dioperasikan di Bandara Internasional .

Self Bagdrop - www.indopos.co.id

Self Bagdrop – www.indopos.co.id

Usai diaplikasikan di Bandara Soetta, self bagdrop system juga siap dioperasikan di bandara-bandara lain yang berada di bawah pengelolaan PT AP II. Sebelumnya Bandara Internasional Kualanamu di Medan telah sukses memberlakukan sistem ini sejak tahun lalu. “Targetnya AP II akan menerapkan self bagdrop ini pada 13 bandara di bawah pengelolaan AP II,” kata VP of Service & Facility Performance AP II, KRAT Tommy Ariesdianto, seperti dilansir Indopos.

Layanan self bagdrop ini diharapkan bisa memudahkan dan . Pasalnya waktu yang dibutuhkan untuk melakukan drop bagasi juga semakin cepat. Para tak perlu mengantre di counter-counter secara manual seperti yang selama ini masih banyak dilakukan.

“Kalau di Kualanamu sudah terdapat empat unit. Di Soekarno-Hatta baru satu unit yang kita pasang di . Dan masih dalam tahap uji coba. Sekaligus mensosialisasikan sistem ini kepada penumpang. Nanti bertahap kita pasang seluruh terminal Soekarno-Hatta dan bandara lainnya,” beber Tommy.

Untuk menggunakan layanan self bagdrop pun menurutnya cukup mudah karena tak membutuhkan waktu lebih dari 3 menit, bahkan bisa lebih cepat. Ketika tiba di counter layanan self bagdrop, penumpang hanya perlu memindai (scan) barcode yang ada pada boarding pass, lalu letakkan 1 bagasi di Conveyor Belt.

Kemudian tag bag akan keluar secara otomatis dan penumpang bisa mencetak dan melekatkan tag bag ke bagasi. Selanjutnya penumpang dapat scan barcode yang ada di tag untuk meneruskan bagasi dan mengambil tanda terima bagasi. Apabila ada bagasi lainnya, penumpang tinggal mengulangi langkah yang sama seperti sebelumnya.

Para pengguna jasa di Bandara Soetta juga tak perlu bingung, sebab sudah ada petugas yang disiagakan untuk membantu dan membimbing penumpang menggunakan layanan self bagdrop tersebut. Tak hanya self bagdrop, layanan digital seperti self check in (check in mandiri) juga sudah disediakan di Terminal 1C Bandara Soetta. Kiosk Check in Mandiri sengaja disediakan untuk meminimalisir kepadatan penumpang.