Banten Siap Bangun Asrama Haji Dekat Bandara Soekarno-Hatta

Jakarta – Provinsi akan membangun asrama haji yang lokasinya dekat dengan , Tangerang, Banten. Asrama tersebut akan dibangun oleh Provinsi (Pemprov) Banten di Kecamatan Sepatan, Kabupaten Tangerang, di atas lahan seluas 5 hektare.

Wahidin Halim, Gubernur Banten - regional.kompas.com

Wahidin Halim, Gubernur Banten – regional.kompas.com

“Insya Allah, kali ini akan bisa segera terealisasi, baik dari Kabupaten Tangerang maupun dari Kemenag sudah berkoordinasi dengan baik. Tinggal nanti dari sisi bangunan terutama yang berkaitan dengan zona ataupun runway bandara,” ujar Gubernur Banten Wahidin Halim di Sepatan, Kamis (21/11), seperti dilansir Antara.

Lebih lanjut Wahidin menjelaskan bahwa penyediaan asrama haji di Banten telah menjadi kebutuhan yang mendesak lantaran jemaah haji dari Provinsi Banten terus mengalami peningkatan. Bahkan jumlah jamaah haji Banten kabarnya melampaui jemaah haji asal Jakarta dan Lampung. “Jamaah haji asal Banten yang berangkat tahun ini saja mencapai 9.420 orang,” papar Wahidin.

Apabila pembangunan asrama haji di Banten rampung tentu akan memudahkan keberangkatan para jemaah haji asal Banten. Terlebih karena kini keberangkatan haji sudah banyak yang memakai Bandara Soetta.

Wahidin mengharapkan, dampak dari pembangunan asrama haji Banten tersebut bukan hanya bisa menguntungkan jemaah, tetapi juga bisa mengangkat perekonomian daerah tersebut sekaligus menyerap lebih banyak tenaga kerja. “Jika sudah fixed semuanya, tinggal nanti Pemprov Banten akan membangun berbagai infrastruktur penunjangnya, baik jalan, jembatan maupun fasilitas lainnya,” imbuh Wahidin yang didampingi oleh Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar.

Pada kesempatan yang sama, Zaki menjelaskan jika perizinannya sudah ada dan nantinya tinggal diajukan ke pemerintah pusat supaya pemerintah daerah segera membebaskan lahan untuk pembangunan asrama haji tersebut. “Sudah kita siapkan perijinannya, tinggal pembebasan lahannya asrama ini lebih dekat dengan Bandara Soekarno-Hatta,” tuturnya.

Kantor Kementerian Agama Banten sendiri kabarnya sudah mempersiapkan anggaran mencapai Rp40 miliar untuk membangun proyek asrama haji dekat Bandara Internasional Soekarno-Hatta tersebut. Pihak Pemkab Tangerang pun sudah menyediakan lahan berupa hibah untuk dipakai sebagai proyek pembangunan asrama haji, lengkap dengan sejumlah area penunjang lainnya.