Angkasa Pura II Raih 22 Penghargaan Internasional dari ACI

Jakarta – PT Angkasa Pura (AP) II berhasil mencetak prestasi yang membanggakan di kancah . Setidaknya terdapat 6 kelolaan AP II yang berhasil meraih 22 penghargaan Airport Service Quality (ASQ) Asia Pasifik 2018 untuk sejumlah kategori dari Dewan Airport Council International (ACI).

Sebanyak enam bandara di Indonesia yang dikelola oleh Angkasa Pura II mendapat penghargaan dari Airport Council International (ACI)

Sebanyak enam bandara di Indonesia yang dikelola oleh mendapat penghargaan dari Airport Council International (ACI) sebagai sebagai bandara terbaik di Asia-Pasifik, Rabu (4/9/2019) di Bali – tribunnews.com

Penghargaan dari ACI tersebut didapatkan lewat proses di bandara yang dilakukan pada yang terdapat di 380 bandara yang ada di 90 negara. Survei tersebut diselenggarakan oleh ACI, sebuah lembaga global yang mengembangkan standar, kebijakan, sekaligus pelatihan guna meningkatkan standar bandara di seluruh dunia.

Menurut Direktur Utama PT Angkasa Pura (AP) II Muhammad Awaluddin, penghargaan tersebut berhasil diraih perseroan karena adanya transformasi yang sudah dilakukan dari 3 tahun silam. Transformasi pelayanan tersebut didukung oleh pengembangan fisik dan penerapan bersamaan dengan peningkatan sumber daya manusia (SDM).

“Kombinasi itu membuat bandara-bandara AP II beroperasi dengan efisien, efektif serta memiliki standar pelayanan tinggi yang kemudian diakui penumpang pesawat sehingga kami berhasil meraih penghargaan dari ACI,” kata Awaluddin di Jakarta, Kamis (5/9), seperti dilansir Investor Daily.

Lebih lanjut Awaluddin mengatakan, bandara-bandara AP II yang berhasil menyabet penghargaan antara lain Bandara Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru, Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang, Bandara Sultan Thaha Jambi, Bandara Depati Amir Pangkalpinang, dan Bandara Raja Haji Fisabilillah Tanjung Pinang.

Sejumlah bandar udara tersebut mendapatkan penghargaan kategori terbaik dari segi ukuran, pelayanan penumpang, kapasitas, infrastruktur dan , serta lingkungan dan suasana di bandara dengan kapasitas 2-5 juta penumpang di wilayah Asia Pasifik.

Awaluddin pun mengaku terus berupaya untuk membuat seluruh bandara kelolaannya bisa membanggakan nama Indonesia di industri penerbangan global. Penghargaan yang didapat dari ACI tersebut juga semakin membuat optimis AP II untuk bisa mewujudkan road map Go Global.

Bahkan salah satu bandara yang berhasil dapat penghargaan dari ACI adalah Bandara Silangit dengan gelar Most Improved Airport in Asia-Pacific. Penghargaan tersebut katanya tak terlepas dari dukungan pemerintah yang juga terus berusaha mengembangkan sektor pariwisata di Danau Toba.