Soekarno-Hatta Jadi Bandara Internasional dengan Angka Delay Tertinggi di Dunia

Jakarta , Tangerang, Banten rupanya belum ini tercatat sebagai bandar udara yang memiliki angka keterlambatan () tertinggi di dalam kurun waktu 12 bulan terakhir. Data tersebut dihimpun oleh situs flight-tracking Flight Stats yang mencatat periode Juni 2018 – Mei 2019 dari 106 bandara internasional di seluruh .

Suasana di bandara Soekarno-Hatta

Suasana di bandara Soekarno-Hatta – tribunnews.com

Menurut hasil penelitian yang dirilis oleh perusahaan penyimpanan bagasi Stasher, seperti dilansir Businessinsider, keterlambatan penerbangan di 106 bandara dunia dikelompokkan berdasarkan 8 faktor, termasuk kemungkinan penundaan penerbangan, jumlah toko dan lounge, jarak ke pusat kota dan biaya parkir, kemudian standar data diberikan skor antara 0 dan 10 untuk setiap faktor yang dinilai.

“Bandara dengan keseluruhan nilai terbaik adalah Bandara Internasional Sheremetyevo Alexander S Pushkin di Rusia. Bandara tersebut memperoleh nilai sempurna alias 10 untuk keterlambatan penerbangan, yang artinya secara umum penerbangan di sana tepat waktu,” demikian seperti dilansir Businessinsider melalui Kompas.

Sementara itu, Bandara Changi Singapura ada di posisi ke-13 karena memperoleh nilai buruk untuk urusan biaya parkir. Kemudian untuk Bandara Internasional Kuala Lumpur Malaysia ada di peringkat 27 karena jumlah toko yang tersedia masih sedikit.

Berdasarkan Stasher, Bandara Soetta memiliki jumlah keterlambatan penerbangan terbanyak di dunia dengan menduduki peringkat terakhir atau 106 dalam hal ketepatan waktu. Lalu disusul oleh Bandara London Stanstead dan Bandara Ninoy Aquino Filipina di Manila.

Perusahaan tersebut juga mengungkapkan bahwa infrastruktur Asia Tenggara masih berjuang untuk mengikuti peningkatan jumlah , dan penerbangan di wilayah itu sering dipengaruhi oleh kondisi cuaca, terutama selama musim hujan. Di sisi lain, Bandara Stanstead telah berinvestasi secara signifikan dalam meningkatkan ketepatan waktu penerbangannya. Selanjutnya bandara-bandara dalam peringkat paling tepat waktu adalah Bandara Brussels dan Bandara Lisbon Portela.

Pada urutan 10 terbawah diduduki oleh Bandara Tan Son Nhat di Vietnam, Bandara Charles de Gaulle di Perancis, Bandara Kairo di Mesir, Bandara Frankfurt di Jerman, dan Bandara Josep Tarradellas Barcelona-El Prat di Spanyol. Sedangkan bandara paling tepat waktu, yakni Bandara Sheremetyevo di Rusia tercatat hanya memiliki 6 persen keterlambatan dalam waktu 15 menit. Disusul oleh Bandara Tenerife North di Spanyol, serta Bandara Tokyo Haneda dan Kansai International di Jepang.