Awas, ‘Tikus Bagasi’ Kembali Beraksi di Bandara Soekarno-Hatta

TANGERANG – Meski Internasional disebut-sebut sebagai pelabuhan udara terbaik di Indonesia, namun hal itu tidak membuat dan kenyamanan lantas lebih terjamin. Pasalnya, baru-baru ini, ‘tikus ’ beraksi lagi di Soekarno-Hatta dengan membobol sembilan koper milik penumpang .

Salah seorang penumpang Lion Air rute Kualanamu-Bandara Soetta saat bercerita tentang pendodosan tas bagasi yang dialaminya di Bandara Soetta, Tangerang - metro.sindonews.com

Salah seorang penumpang Lion Air rute Kualanamu-Bandara Soetta saat bercerita tentang pendodosan tas bagasi yang dialaminya di Bandara Soetta, Tangerang – metro.sindonews.com

Salah satu korban  aksi ‘tikus bagasi’ tersebut adalah Rossa Simangunsong, seorang mahasiswa asal Tanjung Balai, Sumatera Utara, yang kini tengah menuntut ilmu di salah satu perguruan tinggi di Jakarta Timur. Perempuan berusia 25 tahun tersebut mengaku sejumlah uang di koper miliknya hilang ketika tiba di Bandara Soekarno-Hatta sesaat setelah turun dari Lion Air JT-305 rute Kualanamu-Bandara Soetta pada Sabtu (13/1) malam.

“Saya terkejut ketika mengetahui koper itu dalam keadaan rusak. Saya menunggu di bagasi sekitar 44 menit,” ujar Rossa sambil menitikkan air mata. “Ada uang Rp1 juta di dalamnya dan uang tersebut untuk biaya kuliah saya.”

Sementara itu, Kasubbag Humas Polresta Bandara Soekarno-Hatta, Ipda Prayogo, mengatakan bahwa pihaknya telah menerima laporan korban dan akan mengusut tuntas kasus tersebut. Namun, korban dimohon bersabar karena pihak yang berwajib masih mendalami kasus pendodosan oleh ‘tikus-tikus’ bagasi ini.

“Kerugiannya senilai Rp1 juta. Kami masih mendalami kasus pembobolan oleh ‘tikus bagasi’ ini,” ujar Prayogo. “Mohon bersabar, karena akan kami ungkap hingga tuntas.”

Dari pihak maskapai sendiri, memang mengakui bahwa ada aksi pembobolan bagasi. Tidak hanya menimpa Rossa, aksi ini juga menimpa sembilan penumpang lainnya yang satu pesawat dengan Rossa. “Ada sembilan koper yang dibobol, dan sejumlah koper yang rusak sudah dilakukan pendataan dan akan kami ganti,” kata Corporate Communication Lion Air Group, Ramaditya Handoko.

“Namun, kami masih belum jelas apakah aksi pencurian bagasi penumpang ini terjadi di Bandara Soekarno-Hatta atau Bandara Kualanamu,” sambung Ramaditya. “Kami akan periksa sejumlah CCTV dan para saksi di Bandara Kualanamu dan Bandara Soekarno-Hatta. Kami juga mengimbau kepada penumpang untuk tidak menaruh barang berharga di dalam koper.”