Atasi Lonjakan Penumpang, Bandara Soekarno-Hatta Terapkan Sistem Tunggu

TANGERANG – Untuk mengatasi lonjakan di musim mudik Lebaran 2018 ini, PT Angkasa Pura II bakal menerapkan tunggu di . Nantinya, para yang telah memiliki tiket penerbangan dua jam sebelum check-in diminta untuk menunggu di depan area terminal guna menghindari penumpukan di area check-in.

Bandara Soetta Terapkan Sistem Tunggu - kompas.com

Bandara Soetta Terapkan Sistem Tunggu – kompas.com

yang ada, seperti bangku, sudah kami siapkan. Bahkan, terdapat penambahan tersebut di beberapa kawasan,” papar Executive Senior General Manager Bandara Soekarno-Hatta, M. Suriawan Wakan, Minggu (10/6) kemarin kepada wartawan. “Karena itu, untuk mengatasi kepadatan di dalam, kami akan meminta penumpang menunggu di luar saja.”

Ia menambahkan, masyarakat diimbau agar tidak perlu terburu-buru bila khawatir pada keterlambatan dalam penerbangan menuju kampung halaman. Pasalnya, pihak bandara telah menyediakan sarana penunjang yang akan membantu pengguna untuk mengetahui ketepatan sampai di bandara. “Kalau takut terlambat, kami telah menyediakan penunjang, seperti bandara atau layang () dengan waktu yang dapat dilihat pada aplikasi mobile kami,” sambung Wakan.

Menurut data di lapangan pada Minggu pagi, Bandara Soekarno-Hatta memang telah dibanjiri ribuan calon penumpang yang akan mudik ke sejumlah daerah. Kepadatan calon penumpang pesawat tampak di Terminal 1C , dengan jumlah penumpang yang akan berangkat mencapai 204 ribu orang. Mayoritas calon penumpang akan mudik ke Surabaya, Denpasar, Padang, Makassar, dan Medan.

Sebelumnya, menurut laporan posko terpadu di Terminal 1 Bandara Soekarno-Hatta, ada sekitar 228.678 pergerakan penumpang untuk keberangkatan domestik mulai Kamis (7/6) hingga Sabtu (9/6) kemarin. Sementara, untuk penerbangan internasional, tercatat ada 68.515 pergerakan penumpang di periode waktu yang sama.