Asyik, Layanan Porter di Bandara Soekarno-Hatta Kini Gratis!

Jakarta – Sebelumnya beredar kabar bahwa PT Angkasa Pura (AP) II akan meniadakan porter di . Namun rupanya pihak AP II mengklarifikasi bahwa tersebut bukan ditiadakan sama sekali, melainkan ke depannya tak akan dikenai alias gratis.

Antrean penumpang di Bandara Soekarno-Hatta - megapolitan.kompas.com

Antrean di Bandara Soekarno-Hatta – megapolitan.kompas.com

Para porter nantinya akan dialihkan tugasnya menjadi airport helper. Airport helper sendiri sudah disediakan di , di mana mereka bertugas untuk mengumpulkan troli dan membantu mengangkut barang bawaan para calon penumpang.

“Transaksi jasa porter kini telah ditiadakan, alias dijadikan layanan secara gratis atau cuma-cuma,” ucap Dewandono Prasetyo Nugroho, Branch Communication Manager Bandara Soetta, Minggu (27/8), seperti dilansir Kompas.

Digratiskannya jasa airport helper ini juga menjadi salah satu bentuk komitmen PT Angkasa Pura II selaku pengelola untuk memperbaiki dan menyempurnakan pelayanan pada para pengguna jasa pesawat di Bandara Soekarno-Hatta. PT AP II juga mengupayakan untuk mengubah Bandara Soetta layaknya bandara internasional lainnya. “Meski mengedepankan cara self service seperti bandara kelas dunia, kami memandang tetap perlu ada petugas pengumpul troli dan airport helper untuk saat ini,” imbuh Pras.

“Kami selalu memperbaiki aspek pelayanan secara berkelanjutan. Dengan meniadakan transaksi porter tentunya hal ini dapat mencegah dampak negatif, Karena telah digratiskan cuma- cuma. Jadi tidak benar helper tidak dihapuskan,” kata Pras.

Lebih lanjut Pras menuturkan bahwa manajemen porter kini ada di bawah kendali pengelolaan sumber daya manusia (SDM) PT Angkasa Pura Solusi yang merupakan anak perusahaan PT Angkasa Pura (AP) II. Dihapuskannya jasa porter berbayar yang telah ada sebelumnya juga sekaligus dapat meminimalisir transaksi yang tak sesuai dengan tarif. Pihak PT Angkasa Pura II sendiri telah menerapkan layanan porter gratis dari pekan lalu.