AP II Salurkan Bantuan Dana Rp 675 Juta untuk 26 UKM di Bandara Soetta

Tangerang Cabang Utama (AP) II menyalurkan bantuan usaha senilai Rp 675 juta pada para warga yang bermukim di sekitar lewat Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) pada Senin (31/7).

Dewandono Prasetyo Nugroho - www.tribunnews.com

Dewandono Prasetyo Nugroho – www.tribunnews.com

Terdapat sekitar 26 mitra binaan usaha kecil menengah (UKM) yang memperoleh bantuan dana tahap II pada tahun 2017 ini. Penyaluran dana bantuan tersebut dilakukan di Ruang Cenderawasih Kantor Cabang Utama Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

Menurut Dewandono Prasetyo Nugroho selaku Branch Communications Manager PT AP II Bandara Soetta, total dana yang digelontorkan untuk program kemitraan kali ini mencapai Rp 675 juta. Nominal bantuan yang diberikan pada setiap UKM tersebut berbeda-beda, tergantung dari usaha dan kemampuan pengembalian pinjaman.

“Program kemitraan ini untuk mengembangkan UKM sehingga bisa meningkatkan daya saing dan memacu perekonomian masyarakat,” kata Prasetyo, Senin (31/7), seperti dilansir Sindonews.

Lebih lanjut Prasetyo menuturkan bahwa pinjaman lunak pada sejumlah pengusaha kecil dan menengah di lingkungan kerja PT AP II ini disalurkan dengan suku bunga 6% per tahun dengan masa angsuran maksimal dalam jangka waktu 24 bulan. “Besaran yang disalurkan nominalnya variatif, sesuai dengan kebutuhan masing-masing mitra binaan, sekitar Rp 10 juta maksimal Rp 50 juta,” ungkap Pras.

Terdapat beragam jenis usaha yang digeluti oleh mitra binaan Bandara Soetta, mulai dari sektor jasa, industri, sampai perikanan. Program kemitraan ini diarahkan pada 12 warga Kota Tangerang dan 14 warga Kabupaten Tangerang. “Diharapkan, pengusaha kecil dan menengah di wilayah Kota, Kabupaten dan Tangsel dapat terbantu dalam mengembangkan usahanya,” imbuh Pras.

Pras menuturkan bahwa dana pinjaman yang diberikan oleh AP II ini sesuai dengan keputusan Menteri BUMN No. Per 08/MBU/2013 tanggal 10 September 2013 yang menjelaskan jika setiap BUMN diwajibkan menjadi mitra untuk pengusaha kecil dan menengah di wilayah BUMN tersebut berada lewat Program Kemitraan dan Bina Lingkungan.

Sementara itu, Manajer Program Kemitraan dan Bina Lingkungan, Komarudin menjelaskan dari sebanyak 26 mitra binaan yang menerima suntikan dana, 12 di antaranya adalah mitra binaan lanjutan. Sebelum resmi menjadi mitra binaan AP II Bandara Soetta, calon mitra binaan harus memenuhi berbagai syarat, termasuk membuktikan kebenaran usaha mereka.

“Kita pun memberikan bantuan kepada pengusaha lainnya untuk mengembangkan usahanya. Jadi seluruh pengusaha kecil di Kota/Kabupaten Tangerang dan Tangsel akan mendapatkan bantuan melalui program ini,” tandas Komarudin.