Angkasa Pura II Siapkan Super App Travelin untuk Dukung Airport of The Future

Jakarta (AP) II mengarahkan -bandara yang berada di bawah pengelolaan perseroan untuk menjadi Airport of The Future. Adapun Airport of The Future merupakan konsep yang fokus pada peran penting dalam pengelolaan bandar udara, termasuk dalam aspek . Lewat penerapan Airport of The Future, bandara diyakini bisa menciptakan efisiensi dan meningkatkan standar .

Muhammad Awaluddin, Direktur Utama PT Angkasa Pura II (Persero) - solo.tribunnews.com

Muhammad Awaluddin, Direktur Utama PT Angkasa Pura II (Persero) – solo.tribunnews.com

Berbagai inisiatif telah diterapkan AP II untuk mengadopsi Airport of The Future, misalnya lewat pembangunan gedung Airport Operation Control Center (AOCC) dan penerapan Airport Collaborative Decision Making (A-CDM) di Bandara Soekarno-Hatta sebagai wadah kolaborasi seluruh stakeholder.

Saat ini, Angkasa Pura II juga mempertajam penetrasi Airport of The Future pada aspek pelayanan dengan mempersiapkan aplikasi mobile Travelin milik AP II yang kini sudah dapat di-download di App Store (iOS) dan Play Store (Android), untuk menjadi super app di sektor kebandarudaraan dan pariwisata.

“Super app Travelin akan menjadi suatu State of The Art Technology bagi AP II di bidang pelayanan bandara. Ini menjadi suatu single platform dengan multi-content dan multi-application yang digunakan oleh multi-user. Super app Travelin menjadi game changer untuk aspek pelayanan kebandarudaraan termasuk di tengah pandemi COVID-19 ini, untuk mewujudkan seamless journey experience, dan sangat kami harapkan dapat berkontribusi maksimal pada pertumbuhan sektor dan pariwisata,” kata President Director AP II Muhammad Awaluddin, Sabtu (19/6), seperti dilansir Tangerangonline.

Awaluddin menambahkan, realisasi Travelin menjadi super app diharapkan bisa terwujud pada bulan Juli 2021 mendatang. “Saat ini progres berjalan baik. Sejumlah layanan atau fitur baru sedang diintegrasikan, untuk melengkapi fitur eksisting,” papar Awaluddin.

Sebagai super app, Travelin didukung berbagai layanan atau fitur di titik Pre-journey, On-journey, dan Post-journey. Fitur-fitur dalam aplikasi Travelin berjalan dengan didukung Airport ID, sebuah identitas khusus bagi para penumpang. Di dalamnya Angkasa Pura II akan menganalisis profil dari setiap pengguna untuk mengetahui kebutuhan dan keperluan penumpang dengan cepat.

Aplikasi mobile app Travelin hingga kini telah di-download sebanyak 415.000 user pengguna jasa bandara melalui platform Appstore (iOS) dan Play Store (Android), dan pada tahun ini ditargetkan jumlah download-nya dapat mencapai 1 juta user.