Angkasa Pura II Raih Penghargaan Sebagai Perusahaan Paling Inovatif

Jakarta (AP) II baru saja meraih penghargaan sebagai salah satu perusahaan paling inovatif di Indonesia dari Majalah Warta Ekonomi. Penghargaan Innovative Company in Building Airport Lounge ini diberikan berkat adanya inovasi i-MATE Lounge di Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten.

iMATE Lounge di Bandara Internasional Soekarno-Hatta - www.balipost.com

iMATE Lounge di Bandara Internasional Soekarno-Hatta – www.balipost.com

iMATE Lounge atau i-Millennial Airport Travel Experience Lounge adalah terobosan AP II untuk mengakomodir kebutuhan perjalanan generasi milenial di Bandara . Penghargaan tersebut didasari oleh 3 kriteria, antara lain Digital Innovation (produk atau baru yang berbasis digital), lalu Process (menilai bisnis proses dan dampaknya ke perusahaan), dan People (menilai kepuasan konsumen).

Kehadiran iMATE Lounge berangkat dari kesadaran AP II untuk mengakomodir kebutuhan para penumpang pesawat yang 68% merupakan generasi milenial. Di lounge tersebut para traveller bisa menemukan sejumlah pelayanan berbasis digital seperti virtual assistant melalui chat bot, co-working space, digital wayfinding, hingga melakukan reservasi perjalanan atau akomodasi. Bahkan di i-MATE Lounge juga tersedia area bermain game online yang dinamakan AirSport.

Yang lebih menarik lagi, di lounge ini juga dilengkapi personel robot pintas bernama DILO yang bisa menghibur para pengunjung bandara dan penumpang pesawat. DILO mempunyai fitur multimedia, mulai dari musik, video, hingga dokumen.

“Perkembangan teknologi begitu cepat dan kita sudah memasuki era Revolusi Industri 4.0. Perusahaan yang bergerak di bidang jasa publik harus dapat beradaptasi cepat untuk dapat mengimbangi kebutuhan generasi milenial yang memang melek teknologi,” ujar President Director AP II Muhammad Awaluddin, seperti dilansir Balipost.

“iMATE Lounge merupakan contoh pelayanan modern berbasis digital yang seharusnya sudah menjadi standar di bandara-bandara nasional pada era Revolusi Industri 4.0. Saat ini iMATE Lounge (bisa) ditemui di Terminal 3 dan 2 Bandara Internasional Soekarno-Hatta. April 2019 akan ada di Terminal 1. Ke depannya, iMATE Lounge dihadirkan di seluruh bandara-bandara yang kami kelola untuk mewujudkan millennial travel experience yang sebenarnya,” sambung Awaluddin.

i-MATE Lounge sendiri adalah salah satu produk transformasi digital yang dihadirkan oleh AP II setelah sebelumnya menyediakan Airport Operation Control Center (AOCC), aplikasi iMATE dan iPerform, serta sejumlah infrastruktur digital lainnya.