Angkasa Pura II Pastikan Bandara JBS Beroperasi Layani Mudik Lebaran 2021

Purbalingga – Walaupun progres Jenderal Besar Soedirman (JBS) di Purbalingga, Jawa Tengah baru mencapai 83,8%, PT Angkasa Pura (AP) II selaku pihak pengelola menargetkan tersebut dapat beroperasi untuk melayani 2021.

Progres Pembangunan Bandara Jenderal Besar Soedirman (JBS) - www.kompasiana.com

Progres Pembangunan Bandara Jenderal Besar Soedirman (JBS) – www.kompasiana.com

Hal tersebut terlihat dari surat permohonan yang diajukan pihak PT AP II selaku operator bandar udara untuk mengoperasikan Bandara JBS pada masa mudik Hari Raya Idul Fitri kelak. “Surat permohonan tersebut sebenarnya diajukan pada Kementerian Perhubungan. Namun surat itu ditembuskan juga pada Bupati,” ucap Kabag Humas Pemkab Purbalingga, Prayitno, Rabu (20/1), seperti dilansir Republika.

Sehubungan dengan hal tersebut, pihak Angkasa Pura II sudah menjalin kerja sama dengan TNI AU untuk memanfaatkan sisi darat (land side) yang ada di Pangkalan Udara (Lanud) di Bandara Jenderal Besar Soedirman. Adapun yang dimaksud meliputi terminal , parkir kendaraan dan lain termasuk bangunan administrasi dan bangunan Pertolongan Kecelakaan Penerbangan dan Pemadam Kebakaran (PKP-PK).

“Bangunan-bangunan fasilitas sisi darat tersebut sementara masih memanfaatkan bangunan dan fasilitas dari Lanud TNI AU Jenderal Besar Soedirman. Hal itu mengingat fasilitas tersebut belum termasuk paket pekerjaan tahun 2021 ini,” papar Prayitno.

Dalam rangka pengoperasian Bandara Jenderal Besar Soedirman (JBS) untuk masa angkutan mudik Lebaran tahun ini, Prayitno menuturkan bahwa seluruh fasilitas yang ada sekarang ini masih pada tahap pengajuan verifikasi. Adapun untuk fasilitas utama seperti runway, taxiway, apron sudah selesai 100 persen dan dalam tahap pengajuan verifikasi.

Kemudian untuk infrastruktur pendukung lainnya seperti elektrikal sisi udara 76 persen, pekerjaan saluran 98 persen, pekerjaan tanah 97 persen, dan pekerjaan fisik jalan akses PKP-PK 43,19 persen. Seluruh pekerjaan tersebut ditargetkan selesai pada bulan Maret 2021 mendatang.