Angkasa Pura II Akan Fasilitasi Peserta Asian Games 2018 di 3 Bandara

Jakarta – PT Angkasa Pura (AP) II mengungkapkan bahwa pihaknya siap memfasilitasi kedatangan para peserta Asian Games 2018 dengan mempersiapkan serta sarana dan prasarana di 3 yang berada di bawah pengelolaannya.

Djoko Murjatmodjo, Direktur Teknik dan Operasi PT Angkasa Pura II (Persero) - lampung.tribunnews.com

Djoko Murjatmodjo, Direktur Teknik dan Operasi PT Angkasa Pura II (Persero) – lampung.tribunnews.com

Menurut Direktur Teknik dan Operasi PT Angkasa Pura II (Persero) Djoko Murjatmodjo, ketiga bandara yang akan dimanfaatkan untuk kedatangan dan kepulangan peserta Asian Games 2018 antara lain Bandara di Banten, Bandara Husein Sastranegara di Bandung, dan Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II di Palembang.

“Secara umum kesiapan di tiga bandar udara sudah siap 95 persen dan kita sudah mempersiapkan segalanya untuk kedatangan peserta,” ujar Direktur Teknik dan Operasi PT Angkasa Pura II (Persero) Djoko Murjatmodjo di Bandara Soetta, Tangerang, Kamis (28/6), seperti dilansir Antara.

Lebih lanjut Djoko menjelaskan bahwa ketiga bandara itu secara dan teknis telah siap untuk dijadikan landasan dalam pendaratan sekaligus penerbangan pesawat domestik dan internasional. Pihak PT AP II juga menyiapkan ruang akreditasi bagi para atlet dan ofisial dari negara peserta Asian Games 2018 yang dilakukan oleh Indonesia Asian Games 2018 Organizing Committee (Inasgoc) apabila para peserta lulus akreditasi menuju imigrasi.

PT AP II sekaligus memastikan, walaupun nantinya pada pelaksanaan Asian Games 2018 akan ada banyak atlet, ofisial, keluarga, dan penonton yang datang ke ketiga bandara tersebut, lalu lintas penerbangan reguler tidak akan terganggu. “Walaupun nanti ada yang pakai pesawat sewaan, namun hal itu tidak akan mengganggu penerbangan reguler,” ungkap Djoko. Akan tetapi hingga saat ini Djoko mengaku belum memperoleh informasi terkait jumlah pasti pesawat carter atau sewaan para peserta Asian Games 2018 yang akan mendarat di 3 bandara tersebut.

Tak hanya menyiapkan penerbangan untuk menyukseskan gelaran olahraga terbesar se-Asia ini, PT AP II juga mendukung promosi Asian Games XVIII lewat program in-kind sponsorship di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Bandara Internasional Husein Sastranegara, serta Bandara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin II dengan nilai mencapai Rp 160 miliar. “Kami melakukan publikasi dan sosialisasi dan juga aktivasi di bandara yang dikelola Angkasa Pura II yang berkoordinasi dengan sejumlah pemangku kepentingan,” tandas Djoko.