Terbang Kembali 19 Juni, AirAsia Layani Dua Rute Domestik dari Bandara Soetta

JAKARTA – Indonesia berencana untuk memulai kembali mereka pada tanggal 19 Juni 2020. Di masa pandemi seperti sekarang, maskapai tersebut masih mengoperasikan rute secara terbatas. Untuk tahap awal, hanya ada dua rute domestik yang dilayani, yakni Jakarta-Denpasar PP dan Jakarta-Medan PP dari .

Maskapai AirAsia - asia.nikkei.com

Maskapai AirAsia – asia.nikkei.com

Menurut jadwal yang dirilis perusahaan, rute Jakarta-Bali akan terbang dari Bandara Soekarno-Hatta pukul 09.25 WIB, sedangkan rute sebaliknya bertolak dari Denpasar pada pukul 12.50 WITA. Sementara, rute Jakarta-Medan berangkat pada pukul 12.10 WIB dan rute sebaliknya terbang dari Bandara Kualanamu pada pukul 15.05 WIB. Kedua rute tersebut hanya akan dilayani pada hari Senin, Rabu, Jumat, dan Minggu.

“Layanan penerbangan reguler AirAsia Indonesia akan menyesuaikan pengoperasian penerbangan berjadwal rute internasional dan domestik secara bertahap, dan direncanakan akan dimulai pada tanggal 19 Juni 2020 pada rute tertentu,” tutur Corporate Secretary AirAsia Indonesia, Indah Permatasari Saugi. “Kami dapat kembali mengoperasikan penerbangan terbatas jika dinilai memungkinkan.”

AirAsia Indonesia juga akan tetap untuk melayani kebutuhan perjalanan atau pengiriman barang dari pemerintah, swasta, organisasi, maupun komunitas masyarakat ke berbagai destinasi domestik dan internasional melalui penerbangan khusus charter penumpang dan kargo sesuai persetujuan dari otoritas terkait. 

Sebelumnya, AirAsia Indonesia sempat memutuskan untuk membatalkan seluruh penerbangan mereka untuk sementara waktu mulai tanggal 1 April 2020 lalu karena pandemi virus corona. Untuk penerbangan rute domestik, akan dihentikan sementara hingga tanggal 21 April 2020, sedangkan rute internasional dihentikan hingga tanggal 17 Mei 2020 mendatang.

Namun, operasional maskapai tersebut sempat maju mundur. AirAsia Indonesia merencanakan operasional mereka pada 1 Juni 2020, tetapi kembali diundur hingga 8 Juni 2020. Hingga kini, sesuai jadwal, perseroan merencanakan membuka layanan domestik pada 19 Juni 2020. “Kami pantau situasinya terus dan sejauh ini masih belum ada perubahan rencana,” terang Direktur Utama AirAsia Indonesia, Veranita Yosephine Sinaga.