Dukung Wisata Danau Toba, AirAsia Buka Rute Jakarta-Silangit?

Untuk mendukung Danau Toba sebagai Daerah Super Prioritas, Indonesia dikabarkan akan mengoperasikan Jakarta-Silangit PP. Meski belum diketahui kapan pastinya penerbangan tersebut dibuka, tetapi pihak Badan Pelaksana Otorita Danau Toba (BPODT) mengharapkan bisa direalisasikan pada tahun 2022 ini.

Maskapai AirAsia Indonesia dikabarkan akan mengoperasikan penerbangan rute Jakarta-Silangit PP – fajar.co.id

Pada akhir pekan kemarin, Direktur BPODT, Jimmy Bernardo Panjaitan dan Direktur Industri Pariwisata dan Kelembagaan Kepariwisataan, Raja Malem Tarigan, bertemu dengan Direktur Utama AirAsia Indonesia, Veranita Yosephine, untuk membahas rencana pembukaan rute Jakarta-Silangit PP. Dalam pertemuan tersebut, Veranita mengucapkan terima kasih atas dukungan yang diberikan BPODT untuk menyemarakkan penerbangan Jakarta-SIlangit.

“Kami melihat ada perkembangan positif dalam tren pariwisata ke Danau Toba dan hal ini menjadi dasar dari rencana pembukaan rute tersebut,” ungkap Veranita, seperti dilansir dari Hetanews.com. “Ini merupakan langkah yang bagus dan pihak kami sedang menghitung ulang cost (biaya) operasional yang diperlukan untuk (membuka) rute tersebut.”

Veranita menambahkan, rencana pembukaan rute Jakarta-Silangit PP ini sejalan dengan rencana pengembangan konektivitas di Danau Toba. Jika jadi beroperasi, pihaknya pun berharap agar rute penerbangan tersebut semakin ramai sehingga menguatkan pariwisata Danau Toba. “Kami juga akan turut menjajaki lebih dalam lagi dan membawa serta CEO AirAsia, Tony Fernandes, untuk mengunjungi langsung Danau Toba,” sambung Veranita.

Sementara itu, Jimmy Panjaitan mengatakan bahwa rute penerbangan Jakarta-Silangit PP selaras dengan upaya Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif untuk menggaet wisatawan . Dikatakannya, seiring dengan membaiknya kasus Covid-19 di Indonesia, pembukaan penerbangan di Silangit akan lebih mendorong ekonomi baru bagi masyarakat Toba. “Penerbangan ini akan menjadi pintu masuk baru bagi masyarakat dari Jawa dan juga ,” ujarnya.

Sebelumnya, AirAsia sudah mengoperasikan penerbangan rute Kuala Lumpur-Silangit PP pada Oktober 2018 silam, sekaligus menandai jejak baru destinasi penerbangan AirAsia di kawasan ASEAN. Menurut maskapai, layanan tersebut akan semakin mempermudah wisatawan dari 20 kota untuk mengunjungi Danau Toba dengan penerbangan transit melalui Kuala Lumpur.