AirAsia Buka Rute Penerbangan Baru Jakarta-Belitung, Harga Tiket Mulai Rp471 Ribu

Jakarta akhirnya resmi membuka perdana di Belitung pada Selasa (1/10) lalu. Pada momen tersebut Air Asia meresmikan beberapa rute sekaligus, yakni Jakarta-Belitung, Jakarta-Sorong, dan rute langsung (direct flight) Kuala Lumpur-Belitung pada Rabu (2/10).

Maskapai AirAsia - economictimes.indiatimes.com

Maskapai AirAsia – economictimes.indiatimes.com

Adapun rute Jakarta-Belitung dilayani oleh AirAsia sebanyak 7 kali dalam sepekan atau 1 penerbangan setiap harinya. Pesawat AirAsia berangkat dari Internasional pukul 16.55 WIB dan mendarat di H.A.S. Hanandjoeddin Bangka Belitung jam 17.55 WIB.

Sedangkan untuk rute Jakarta-Sorong diberangkatkan pada pukul 23.55 WIB melalui Terminal 2E Bandara Soetta dan tiba di Sorong pukul 06.10 LT. Rute penerbangan ini dilayani 4 kali dalam seminggu, yaitu tiap hari ke-1, 3, 5, dan 7. “Peresmian ini merupakan bentuk rasa syukur kami atas kelancaran penerbangan perdana AirAsia ke Belitung sekaligus mengapresiasi pihak-pihak yang selama ini mendukung dan mendorong terwujudnya rute ini,” kata Deputy CEO AirAsia Indonesia, Veranita Yosephine, seperti dilansir Detik.

Beberapa rute penerbangan baru AirAsia tersebut dilayani dengan armada pesawat Airbus A320-200 yang memiliki kapasitas 180 kursi. PT Angkasa Pura (AP) II melalui Kantor Cabang Utama Bandara Internasional Soekarno-Hatta pun mendukung penuh pembukaan rute baru AirAsia tersebut.

“Kami berharap dengan penerbangan Air Asia ini dapat menambah pilihan bagi pengguna jasa untuk menuju ke Bangka Belitung dan Sorong. Semoga rute ini juga dapat mendorong potensi perdagangan dan pariwisata di daerah tujuan,” ungkap Febri Toga Simatupang, Senior Manager Of Branch Communication and Legal, Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

Veranita pun mengatakan, rute penerbangan ini adalah bagian dari komitmen AirAsia untuk mendukung sektor pariwisata Indonesia, khususnya 10 Bali Baru yang dicanangkan oleh Kementerian Pariwisata. Sebelumnya, AirAsia juga mendatangkan 5 armada tambahan sampai akhir tahun untuk mendukung operasional penerbangan ke sejumlah destinasi baru itu.

“Kami berharap konektivitas domestik maupun internasional dengan harga terjangkau yang terus kami kembangkan ini mendapatkan tempat di hati masyarakat dan dapat membawa dampak positif pada perekonomian dalam negeri,” tandasnya.

Selama masa promosi, AirAsia membanderol harga tiket pesawat rute Jakarta-Belitung mulai Rp471 ribu dan Belitung-Jakarta mulai Rp393 ribu sudah termasuk bagasi gratis 15 kg. Kemudian tiket Belitung-Kuala Lumpur mulai Rp309 ribu dan Kuala Lumpur-Belitung mulai Rp378.900. Promo tersebut terbatas hingga tanggal 6 Oktober 2019 untuk waktu penerbangan hingga 9 Februari 2020.