AirAsia Resmi Terbang Jakarta-Makau via Bandara Soekarno-Hatta

JAKARTA – Mulai Senin (7/8) kemarin, Indonesia mengoperasikan dari Jakarta menuju Makau via Bandara Soekarno-Hatta. Menurut rencana, penerbangan ini akan dioperasikan tiga kali dalam sepekan, namun bertambah menjadi empat kali seminggu mulai tanggal 1 September 2017 mendatang.

AirAsia - kashmirpost.org

AirAsia – kashmirpost.org

Penerbangan perdana rute Jakarta-Makau ini disambut dengan acara yang sangat meriah di hall antara pintu kedatangan D5-D6 Terminal 2D Bandara Soekarno-Hatta. Selain diisi dengan kesenian daerah khas Betawi, acara penyambutan inaugural flight ini juga dihadiri oleh Tony Fernandes selaku CEO AirAsia, Dendy Kurniawan yang menjabat CEO Group AirAsia Indonesia, Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, Dirjen Perhubungan Udara Kemenhub, Agus Santoso, Presiden Direktur PT Angkasa Pura II, Muhammad Awaluddin, dan juga I Gede Pitana yang menjabat Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Mancanegara Kemenpar.

“Pembukaan rute baru dari Jakarta ke Makau ini bertujuan untuk memasarkan pesona wisata Tanah Air di luar negeri, terutama Makau, selain membantu pemerintah dalam menggenjot jumlah wisatawan mancanegara sehingga mencapai target 20 juta turis asing di tahun 2019,” papar Dendy. “Rute Jakarta-Makau ini adalah rute internasional kelima setelah Kuala Lumpur, Penang, Bangkok, dan Singapura, sekaligus satu-satunya penerbangan dari Indonesia ke Makau.”

Penerbangan ini, lanjut Dendy, dioperasikan dengan menggunakan Airbus A320 yang memiliki kapasitas 180 penumpang. Untuk tahap awal, AirAsia akan melakukan penerbangan Jakarta-Makau tiga kali dalam sepekan. “Tetapi, per 1 September 2017, kami akan terbang empat kali dalam seminggu,” sambung Dendy.

“Rute Jakarta-Makau PP ini untuk memfasilitasi banyaknya kunjungan turis China ke Indonesia,” lanjut Dendy. “Untuk tahap awal, kami memberikan promo tiket pesawat dengan harga Rp888 ribu, dengan periode perjalanan yang berlangsung antara 7 Agustus 2017 dan 5 Juni 2018.”

Sementara itu, Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, mengapresiasi langkah AirAsia untuk membuka rute Jakarta-Makau. Pasalnya, ia menilai Makau sebagai kota yang strategis di sektor pariwisata. “Makau ini tempat yang strategis, karena menjadi kota wisata sekaligus penghubung. Jadi, secara tidak langsung, kita juga membuka akses ke kota-kota lainnya,” kata Budi.