Air China Operasikan 2 Penerbangan Tambahan untuk Angkut Kontingen Asian Games 2018

Tangerang – Dalam rangka mengangkut kontingen Asian Games 2018 dari Tiongkok, akan mengoperasikan 2 tambahan alias extra flight lewat , Tangerang, Banten.

Air China - onemileatatime.boardingarea.com

Air China – onemileatatime.boardingarea.com

“Yang jelas sekarang sudah ada permintaan dua extra flight dari Air China ke Bandara Soekarno-Hatta,” ujar Direktur Teknik dan Operasi AP II Djoko Murjatmojo di Terminal 3 Bandara Soetta, Rabu (8/8), seperti dilansir Kompas.

Sementara itu, Direktur Utama PT Angkasa Pura (AP) II Muhammad Awaluddin mengungkapkan jika hingga kini sudah terdapat beberapa maskapai, baik dari dalam maupun luar negeri yang berencana menyediakan penerbangan tambahan selama Asian Games 2018 berlangsung. Akan tetapi sementara ini baru Air China yang memperoleh izin terbang (flight approval) dari pihak Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

“Jadi sudah ada Air China yang akan mengoperasikan dua extra flight. Maskapai lainnya juga ada beberapa yang akan mengajukan penerbangan tambahan, seperti Emirates dan Qatar, namun prosesnya akan menunggu flight approval,” jelas Awaluddin.

Bukan hanya maskapai internasional saja yang mengajukan, tetapi ada pula maskapai nasional seperti Garuda Indonesia, Citilink, dan Batik Air yang turut membuka penerbangan ekstra dari Jakarta ke Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II, Palembang. “Karena itu, kami harus siapkan sumber daya manusia dengan baik guna mengantisipasi pertambahan frekuensi penerbangan baik dari luar negeri ke Jakarta maupun dari Jakarta ke Palembang,” sambung Awaluddin.

Penerbangan tambahan tersebut sengaja diajukan sejumlah maskapai demi mengakomodir kebutuhan penerbangan para atlet yang harus transit terlebih dahulu di Bandara Soetta sebelum melanjutkan perjalanannya ke Palembang. Sebab hingga kini belum ada penerbangan internasional langsung (direct flight) dari dan ke Palembang.

Awaluddin menambahkan jika nantinya akan ada 4 bandara yang disiapkan oleh PT AP II untuk melayani kontingen negara-negara peserta Asian Games 2018, antara lain Bandara Soekarno-Hatta, Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II, Bandara Halim Perdanakusuma (Jakarta), dan Bandara Husein Sastranegara (Bandung).

Sosialisasi tentang Asian Games 2018 di keempat bandara tersebut kabarnya juga sudah siap. “Jadi progres komunikasi dan sosialisasi terkait Asian Games di empat bandara sudah 95 persen, satu atau dua hari ini akan disempurnakan,” tandasnya.