Agustus, Citilink Buka Penerbangan Jakarta-Ambon PP

JAKARTA – berbiaya murah (LCC), PT Indonesia, kembali memperkuat penerbangannya di kawasan timur Indonesia dengan membuka rute Jakarta-Ambon (via Makassar) PP. Rute baru ini rencananya akan mulai dioperasikan pada tanggal 16 Agustus 2017 mendatang, namun sudah dapat dibeli konsumen mulai hari Rabu (19/7) kemarin di seluruh saluran pembelian Citilink Indonesia, termasuk pembelian melalui mobile apps dan di situs web www.citilink.co.id.

Direktur Utama Citilink Indonesia, Juliandra Nurtjahjo - bisniskeuangan.kompas.com

Direktur Utama Citilink Indonesia, Juliandra Nurtjahjo – bisniskeuangan.kompas.com

“Ambon merupakan salat satu pusat perdagangan yang kaya ditemukannya rempah-rempah dan laut yang mengelilinginya, sehingga pantas Citilink terbang ke sana membawa para pencinta rempah dan laut Indonesia untuk menikmatinya,” papar Direktur Utama Citilink Indonesia, Juliandra Nurtjahjo. “ ini diharapkan juga dapat turut serta berkontribusi dalam pengembangan industri pariwisata Maluku, dan meningkatkan jumlah wisatawan.”

Juliandra menambahkan bahwa pembukaan rute penerbangan ke Ambon merupakan bagian dari strategi bisnis Citilink untuk memperkuat konektivitas Nusantara, sehingga kekuatan maskapai tidak hanya menyebar di wilayah barat, melainkan juga di bagian timur. Sebelumnya, maskapai ini juga telah membuka rute penerbangan ke Kendari dan Gorontalo.

Penerbangan ini rencananya akan berangkat secara reguler dari Jakarta pada pukul 08.35 WIB dan tiba di Ambon pada pukul 16.25 WIT, setelah sebelumnya transit selama 75 menit di Makassar. Sementara, untuk rute sebaliknya, akan terbang dari Ambon pada pukul 18.10 WIT dan tiba di Jakarta pada pukul 21.20 WIB, juga transit terlebih dulu di Makassar.

Nantinya, Citilink akan mengakomodasi rute ini dengan penerbangan QG 212 secara harian reguler. Adapun untuk harga tiketnya, perusahaan menjual mulai harga Rp1.069.200 per kursi untuk rute penerbangan dari Jakarta menuju Ambon, via Makassar. Sementara, untuk rute dari Makassar menuju Ambon, tiket pesawat dijual dengan harga mulai Rp557.300 per kursi.

“Pertumbuhan ekonomi di wilayah Maluku menurut data BPS mencapai 5,7 persen atau di atas rata-rata angka nasional sebesar 5,02 persen,” imbuh Juliandra. “Dengan berbagai potensi yang dimiliki oleh Maluku Utara, khususnya Ambon saat ini, kami optimistis bisa mencapai target market share sebesar 20 persen dari kondisi pasar saat ini dan tidak tertutup kemungkinan market share ini akan terus meningkat di waktu mendatang.”