2.000 Personel Gabungan Siap Amankan Bandara Soetta Saat Asian Games 2018

Tangerang – Menjelang pelaksanaan Asian Games 2018, Polda Metro Jaya menyiapkan lebih dari 2.000 personel gabungan untuk mengamankan , Tangerang, Banten. Selain untuk Asian Games 2018, pola penjagaan keamanan Soetta ini juga diperuntukkan pelaksanaan ibadah haji.

Brigjen Purwadi Arianto, Wakapolda Metro Jaya - indonesiakita.co

Brigjen Purwadi Arianto, Wakapolda Metro Jaya – indonesiakita.co

“Ada 2.000 petugas lebih untuk ,” kata Wakapolda Metro Jaya Brigjen Purwadi Arianto di Hangar 4 GMF, Kamis (12/7), seperti dilansir Tempo. Lebih lanjut Purwadi menjelaskan bahwa jumlah personel gabungan tersebut belum termasuk dengan petugas Aviation Security (Avsec) Bandara Soekarno-Hatta.

Menurut Purwadi, pola pengamanan ini juga berlaku untuk pelaksanaan penerbangan haji yang hampir bersamaan dengan ajang olahraga terbesar untuk negara-negara se-Asia tersebut. Terlebih karena acara Asian Games 2018 merupakan acara yang sangat monumental, sehingga dibutuhkan sinergi antara berbagai instansi, termasuk yang berada di lingkungan Bandara Soetta.

Komunitas Bandara Soetta sendiri yang terdiri dari PT Angkasa Pura II, Imigrasi, Bea Cukai, Karantina dan Kantor Kesehatan Pelabuhan Bandara Soekarno-Hatta mengaku siap untuk mendukung kesuksesan pagelaran Asian Games 2018. “Kami siap melayani kedatangan para atlet official Asian Games dari kedatangan hingga mereka pulang,” ujar Kepala Imigrasi Bandara Soekarno-Hatta Enang Syamsi. Enang menambahkan, semua elemen Komunitas Bandara Soetta sudah menyiapkan personel dan untuk menyambut peserta Asian Games 2018.

Bandara Soetta sendiri menjadi objek paling strategis dan merepresentasikan negara. “Karena para peserta Asian Games dan pendukungnya yang datang melalui Bandara Soetta ini,” ungkap Purwadi. Oleh sebab itu, Purwadi meminta dukung dari berbagai pihak di Bandara Soetta. “Skemanya para peserta direncanakan tidak datang serentak di Bandara Soetta ini,” pungkasnya.

Sementara itu, Direktur Arrival, Departure & Hospitality Inasgoc Indra Gamulya berterima kasih sekaligus mengapresiasi dukungan Komunitas Bandara Soetta terhadap Asian Games 2018. “Kita semua berharap pelayanan yang diberikan di Bandara Soekarno-Hatta dapat memberikan citra baik untuk Indonesia,” tutur Indra.

Nantinya diperkirakan akan ada lebih dari 15.000 orang yang berpartisipasi dalam Asian Games 2018, meliputi atlet, ofisial, hingga supporter. Oleh sebab itu dibutuhkan kesiapan Bandara Soetta dalam mengakomodir massa yang jumlahnya cukup besar tersebut.