13 Desember 2018, Garuda Terbang Jakarta-London via Bandara Soetta

Beberapa waktu lalu, Indonesia dikabarkan akan kembali membuka dari Jakarta menuju setelah sempat ditutup. Nah, maskapai pelat merah itu menjelaskan, Jakarta-London PP ini akan mulai beroperasi pada tanggal 13 Desember 2018 mendatang, yang menghubungkan Soekarno-Hatta dengan Internasional London Heathrow.

mengonfirmasi bakal membuka kembali rute Jakarta-London PP pada tanggal 13 Desember 2018 – www.flickr.com

Jika tidak ada aral melintang, pesawat dengan nomor penerbangan GA 086 akan bertolak dari Bandara Soekarno-Hatta pada pukul 12.05 WIB dan mendarat di Bandara Heathrow pada pukul 20.00 waktu setempat. Sementara, rute sebaliknya berangkat dari Bandara Heathrow pada pukul 21.55 waktu setempat dan diperkirakan tiba di Bandara Soekarno-Hatta pada pukul 19.10 WIB.

Untuk mengoperasikan rute penerbangan ini, Garuda Indonesia akan menggunakan armada pesawat Boeing 777-300ER Dual Class, yang terdiri dari kelas penerbangan ekonomi dan bisnis. Penerbangan Jakarta-London PP nantinya akan dioperasikan sebanyak tiga kali dalam sepekan, yaitu pada hari Selasa, Kamis, dan Sabtu.

“Dibukanya kembali rute penerbangan Jakarta-London PP tersebut merupakan bagian dari komitmen berkelanjutan perusahaan dalam memperkuat jaringan penerbangan internasional,” tutur Direktur Utama Garuda Indonesia, Ari Askhara, dilansir Antara. “Pembukaan rute ini juga selaras dengan komitmen bisnis terbarukan yang dijalankan perusahaan bertajuk Quick Wins Garuda Indonesia.”

Ari menambahkan, pihaknya sangat optimistis dengan kembali dibukanya penerbangan langsung Jakarta-London PP, yang dapat semakin memperluas pangsa pasar jaringan penerbangan internasional. Rute ini juga diharapkan dapat memperkuat potensi market share penerbangan internasional Garuda Indonesia.

Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS), jumlah kunjungan wisatawan asal ke Indonesia, terutama melalui Bali, merupakan yang tertinggi keempat setelah turis asal China, Australia, dan India. Sepanjang bulan Januari hingga September 2018, jumlah turis asal mencapai 210.062 kunjungan, tumbuh 9,3 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Sebelumnya, Garuda Indonesia memang sempat menutup rute penerbangan dari Jakarta menuju London karena tingkat keterisian penumpang yang tidak sesuai harapan. Maskapai pelat merah itu dikabarkan hanya diperbolehkan mengisi 75 persen dari kapasitas pesawat Boeing 777-300 ER yang mereka gunakan untuk terbang dari Bandara Soekarno-Hatta menuju Bandara Heathrow dan sebaliknya.