1 Agustus 2019, AirAsia Buka Rute Jakarta-Lombok via Bandara Soetta

Seiring dengan meningkatnya pamor sebagai salah satu wisata, berencana membuka penerbangan langsung Jakarta-Lombok PP. Jika tidak ada kendala, penerbangan yang menghubungkan Internasional dengan Internasional Zainuddin Abdul Madjid akan resmi beroperasi pada tanggal 1 Agustus 2019 mendatang.

Maskapai Airasia tujuan Lombok

Maskapai AirAsia berencana membuka penerbangan langsung rute Jakarta-Lombok PP – lomboknews.id

Dilansir Tempo, menurut Direktur Utama AirAsia Indonesia, Dendy Kurniawan, pihaknya membuka hub Lombok untuk mendukung pariwisata di pulau tersebut. Besaran tarif pesawat sendiri sudah bisa dicek di situs resmi maskapai. Untuk tanggal 1 Agustus 2019, tarif termurah rute Jakarta-Lombok ditetapkan Rp634.115 sekali jalan, sedangkan harga termurah untuk rute sebaliknya adalah Rp911.615 per seat.

“Kami yakin pertumbuhan pariwisata Lombok akan melesat setelah dibukanya rute ini. Apalagi, AirAsia akan menjadikan Lombok sebagai hub,” tutur Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Kementerian Pariwisata, Rizki Handayani. “Pariwisata Lombok akan berkembang. Kami yakin bisa lebih baik dari sebelumnya.”

Sebelumnya, pada tanggal 10 Juni 2019 kemarin, AirAsia juga telah membuka rute penerbangan Perth-Lombok. Maskapai tersebut melintasi rute Lombok-Perth sebanyak empat kali dalam seminggu, yaitu pada hari Senin, Rabu, Jumat, dan Minggu. Tiket penerbangan itu sendiri sudah bisa dipesan mulai Kamis, tanggal 14 Maret 2019 kemarin, dengan tarif termurah mulai 99 dolar Australia atau Rp599.000 per penumpang.

“Pembukaan rute penerbangan Lombok-Perth ini merupakan buah kerja keras bersama antara pemerintah, maskapai penerbangan, dan semua pihak yang terkait,” kata Wakil Gubernur NTB, Sitti Rohmi Djalilah, yang ikut dalam rombongan pendaratan pertama. “Pada masa yang akan datang, kami bersama dengan maskapai penerbangan terus mengupayakan rute penerbangan baru ke Lombok agar dibuka, dari daerah-daerah lain di Indonesia.”

Ia menambahkan, antusiasme masyarakat Perth terhadap rute ini sendiri cukup menggembirakan. Hal tersebut ditandai dengan semua kursi di pesawat terbang yang penuh. Ia puny mengaku mendapatkan sambutan yang menggembirakan dari publik Australia. “Sambutan ini cukup wajar mengingat NTB memiliki banyak destinasi yang mampu mengikat ,” tutupnya.