1.274 Penerbangan di Bandara Soetta Alami Delay Akibat Cuaca Buruk

Tangerang – PT Angkasa Pura (AP) II melaporkan bahwa terdapat 1.274 di yang mengalami keterlambatan atau delay selama beberapa pekan terakhir. Keterlambatan tersebut bukan hanya dampak dari cuaca ekstrem, tetapi juga efek domino dari penutupan bandara di Bali dan Lombok. Alhasil sejumlah lain menuju daerah tersebut pun mengalami gangguan.

Dewandono Prasetyo Nugroho - www.tribunnews.com

Dewandono Prasetyo Nugroho – www.tribunnews.com

“Ada ribuan penerbangan yang alami gangguan dengan keterlambatan. Ada pula yang alami pembatalan dengan total selama empat hari yakni, 182 penerbangan. Untuk gangguan ini tidak hanya tujuan Bali dan Lombok, namun seluruh destinasi yang alami gangguan. Gangguannya pun tidak hanya dari cuaca atau penutupan bandara tapi, teknis dari juga,” ungkap Branch Communication Manager Bandara Soekarno Hatta, Dewandono Prasetyo, Senin (4/12), seperti dilansir Viva.

Maskapai yang diketahui mengalami gangguan dan berdampak pada pelayanan antara lain Garuda Indonesia, Batik Air, Lion Air, Citilink, Sriwijaya Air, NAM Air, dan Air Asia. Oleh sebab itu PT AP II berharap pihak maskapai bisa memberi kejelasan pada para yang mengalami delay penerbangan. “Maskapai tentunya selalu berkoordinasi dengan kami, namun tetap untuk gangguan ini kami minta agar maskapai dapat bertanggungjawab atas nasib ,” tuturnya.

Di samping itu, PT AP II pun mengimbau supaya para pengguna jasa Bandara Soetta bisa lebih berhati-hati dengan cuaca ekstrem yang belakangan melanda berbagai wilayah di Indonesia. “Kami mengimbau kepada para penumpang saat ini cuaca sangat ekstrem, agar bersiap siaga dalam kondisi tertentu,” beber Pras.

Terlebih lagi kondisi lalu lintas udara kini juga sulit untuk diprediksi, oleh sebab itu PT AP II mengimbau para pengguna jasa untuk dapat datang ke bandara lebih awal. “Di Terminal 1 dan Terminal 3 kami sudah menyediakan vending mesin untuk self check in bagi penumpang yang tidak membawa bagasi lebih, sehingga dapat langsung menuju Security Check Point 2 (SCP2), kemudian langsung ke Boarding Lounge,” tandasnya.